Akses Informasi Masyarakat melalui SMS Center Bupati ke 08113445999, SMS Malowopati 08113322958, SMS LAPOR ketik BJN [spasi] ISI kirim ke 1708 Pelayanan Administrasi Kependudukan Sekarang Bisa Lewat Kantor Desa, Pelayan meliputi KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Pindah Tempat. Hubungi Call centre 085258094243

Artikel

Wow!! Mengurus KK, Akta Kelahiran dan Kematian Sekarang Cukup di Desa.

04 Agustus 2023 03:13:55  Administrator  191 Kali Dibaca  Berita Desa

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bojonegoro mengadakan Bimtek Pelayanan Adminduk Desa, Rabu, 14 Desember 2022.

Bimtek ini sebagai bekal desa dalam persiapan pelayanan administrasi kependudukan di lingkungan desa atau yang disebut dengan program "Panah Srikandi". Dengan arti lain, Panah Srikandi adalah sistem berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi pelayanan administrasi kependudukan secara daring bagi masyarakat sebagai pendamping aplikasi SIAK. Aplikasi tersebut berbasis web, dapat diterapkan di kantor desa/kelurahan.

Menurut Sekretaris Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Djamari, S.Sos, MM dalam sambutannya mengatakan "Untuk persiapan pelaksanaan pelayanan di desa, dalam hal ini yang paling utama dipersiapkan oleh desa adalah tenaga operator dan anggaran".

Selanjutnya, Djamari menuturkan pelayanan administrasi kependudukan ini diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih mudah, cepat, dan murah biaya. Yang semula berpusat di kantor Disdukcapil, kemudian dilimpahkan ke Kecamatan dan tahun depan di tingkat desa.

Djamari juga menambahkan bahwa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di desa, diharapkan operator adminduk harus hati-hati. Jangan sampai menyalahgunakan wewenang.

Pada bimtek siang tadi ada beberapa peserta dari berbagai Kecamatan di Bojonegoro. Kecamatan Kanor yang mendominasi dengan jumlah 23 peserta.

Ya, di Kecamatan Kanor ada 23 desa dari 25 desa yang siap melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan di tingkat desa.

Berikut ini layanan adminduk yang bisa dilakukan di desa:

1. Akta kelahiran

2. Akta Kematian

3. Kartu Keluarga

Tadi, operator juga dibekali dengan praktek langsung membuat akta kelahiran melalui aplikasi. Sebagai operator adminduk mempunyai tugas menginput data pemohon serta meng-upload dokumen persyaratan yang selanjutnya dikirim ke kecamatan untuk diverifikasi.

Kemudian dari kecamatan jika sudah sesuai akan diterbitkan dokumen yang dimohon, jika belum akan diminta untuk melengkapi.

Seperti yang diungkapkan di awal, bahwa harapannya dengan program ini, pelayanan adminduk dapat lebih mudah dan cepat untuk memenuhi pelayanan masyarakat desa dan tertib administrasi.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Info Umum

Peta Desa

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jalan Kramat No 333
Desa : Bareng
Kecamatan : Sugihwaras
Kabupaten : Bojonegoro
Kodepos : 62183
Telepon :
Email : desabarengg@gmail.com

Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 1.041 Kali
Kontak Kami
29 Juli 2013 | 435 Kali
Profil Desa
01 September 2020 | 312 Kali
SO Pemerintah Desa
30 April 2014 | 300 Kali
Karang Taruna
01 September 2020 | 296 Kali
Penerbitan KTP
01 September 2020 | 286 Kali
LPMD
01 September 2020 | 284 Kali
Beasiswa
01 September 2020 | 178 Kali
Santunan Kematian
14 Agustus 2017 | 0 Kali
Penerbitan KTP
01 September 2020 | 181 Kali
Prestasi Desa
19 Agustus 2023 | 52 Kali
Pemuda Dusun Margosono dan Mahasiswa KKN Melaksanakan Upacara Peringatan HUT RI Ke 78
04 Agustus 2023 | 191 Kali
Wow!! Mengurus KK, Akta Kelahiran dan Kematian Sekarang Cukup di Desa.
14 Agustus 2017 | 106 Kali
Pembuatan KK
22 April 2014 | 107 Kali
Pengaduan